Senin, 14 Juni 2010

Hari Donor Darah Sedunia, PMI Resmikan Gerai Donor Darah Pertama di Indonesia

Memperingati Hari Darah Sedunia yang jatuh hari Senin ini (14/6), WHO mengusung tema “New Blood for The World”. Kampanye global donor darah tahun ini, ”menembak” sasaran para pendonor berusia muda.

Diharapkan, para generasi muda juga dapat termotivasi sebagai pedonor darah sukarela yang bisa banyak berperan dalam memenuhi kebutuhan persediaan darah yang sehat, berkualitas, dan mampu menyelamatkan jiwa yang membutuhkan. Tahun 2010 ini, berbagai kegiatan aksi donor darah di seluruh dunia akan banyak melibatkan kalangan muda.

Mendukung gerakan ini, PMI tengah gencar berkampanye. “Donor darah itu hendaknya menjadi gaya hidup masyarakat kita,” ucap Ketua Umum PMI Jusuf Kalla dalam kampanye program donor darahnya di berbagai daerah tahun ini.

Kampanye program donor darah PMI adalah salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan darah nasional di tanah air. Sesuai rasio jumlah penduduk, Indonesia membutuhkan sekitar 3-4 juta kantong darah pertahun. PMI menjalankan langkah jitunya dengan memudahkan akses masyarakat untuk menyumbangkan darahnya.

“PMI membuka Gerai Donor Darahnya di berbagai mal dan kampus. Supaya masyarakat juga mudah mendonorkan darahnya,” ucap Jusuf Kalla. Ia juga telah membayangkan bagaimana percakapan para anak muda Indonesia akan berkisar pada betapa pentingnya mendonorkan darah untuk menyelamatkan jiwa sesama.

Tepat pada Hari Donor Darah Sedunia tahun ini, PMI secara resmi akan menggelar peluncuran Program Gerai UDD di The Hall, Lantai 8 Senayan City, Senin siang ini (14/6) tepat pukul 13.00 WIB. Peresmian akan dilakukan langsung oleh Ketua Umum PMI Jusuf Kalla di Unit Donor Darah (UDD) yang terletak di Crystal Lagoon, Lantai LG Senayan City. Acara ini juga disertai dengan aksi donor darah yang menargetkan akan mencapai 500 kantong darah.

Dalam waktu dekat, Gerai UDD juga dibuka di Tanah Abang, Universitas Trisakti, dan selanjutnya dalam waktu dekat juga akan didirikan di Mal Makassar dan Universitas Hasanudin (UNHAS) Makassar, Olympic Garden Malang, Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, dan Universitas Jember. Gerai UDD akan beroperasi setiap hari selama 8 jam dengan target minimal 50 pendonor setiap hari. Selama beroperasi, Gerai UDD akan dilengkapi dengan petugas pengambil darah, dokter, dan kursi donor.*


(foto: Tim Dokumentasi PMI)

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Aswi Reksaningtyas, Kepala Divisi Komunikasi Markas Pusat PMI, Tepl. 021-7992325 Ext. 201, Hp. 087882962348. Email: pmi@pmi.or.id

http://www.pmi.or.id/ina/news/default.asp?act=detail&p_id=472

Tidak ada komentar:

Posting Komentar